Honda Tiger 2000 adalah salah satu varian motor jenis sport yang bisa dikatakan jadi legenda di Indonesia. Di awal kemunculannya di tahun 1994, motor yang satu ini “melambung tinggi”, para bikers melihatnya bagai moge yang harus dimiliki kalau pengen naekin kesan macho. Dengan basis mesin CB yang di bore up, legenda satu ini bener-bener jadi simbol cowok macho saat itu, sampai sekarang Club Honda Tiger 2000 menjadi salah satu club terbanyak di Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) sendiri sudah melakukan 3x facelift untuk membuat motor ini jadi terlihat lebih update secara desain, namun sayangnya masih menggunakan mesin yang sama
Saya sendiri adalah penggemar berat motor ini, dan dulu sempat punya angan-angan pengen punya motor ini dan make buat mudik dari Malang – Tasikmalaya, dan alhamdulillah terwujud di tahun 2003. Dengan motor ini saya sudah 4x touring Malang – Tasikmalaya – Malang dan 3x Jakarta – Tasikmalaya – Jakarta, and that is incredible!!!
Namun sayangnya motor ini terkenal dengan 3 “penyakit” utamanya yang nggak habis-habis.
1. Onderdil yang harganya selangit (entah itu karena memang barangnya berkualitas atau…)
2. Gear Set yang sangat berisik
3. Tangki yang gampang bocor
2. Gear Set yang sangat berisik
3. Tangki yang gampang bocor
Motor Tiger pertama saya adalah Tiger tahun 2001 terus kemudian ganti dengan Tiger tahun 2007, dan saya sudah ngalamin 3 penyakit itu di Tiger pertama saya, dan herannya penyakit itu juga nular ke Tiger kedua saya, padahal beda 6 tahun lho. Onderdilnya itu lhoo, muahal banget! Bayangin aja nih bohlam lampu depan Tiger terakhir saya beli ada di harga IDR 117.000, padahal bohlam motor sejenis ada di kisaran IDR 25.000 – 50.000 aja >_<!
Penyakit lainnya adalah Gear Set yang berisik banget, entah kenapa motor ini gear set-nya seberisik itu. Saya pernah baca di salah satu tabloid otomotif nasional, infonya rantai Tiger ini jenisnya adalah 520, sejenis dan seukuran dengan rantai forklift..!!! Dan kembali ke penyakit sebelumnya, gear set ini kalau kita mau beli yang orsinil sekarang seharga sekitar IDR 800.000. hafuuuh -___-!! Tapi saya juga pernah dapet tips dari banyak mekanik bengkel motor, penyakit gear set yang berisik ini bisa hilang dengan mengganti gear setnya dengan gear set milik Honda Mega Pro, selain lebih murah, komposisi dan ukuran gear set nya membuat tarikan motor jadi lebih enteng. Tapi sayangnya tips ini gak bisa diaplikasikan di motor yang pengendara sehari-harinya ialah orang yang berbadan gemuk.. #maneeeehh T_T
Dan yang paling bikin geregetan adalah tangki bahan bakarnya yang gampang sekali bocor. Bisa ditandai nih, kalau Tiger kita udah berumur 5 tahun, so siap-siap bakalan muncul penyakit diseputaran tangki, tepatnya tangki yang bocor. Kemudian kebanyakan orang akan cepet-cepet nyopot tangkinya dan membawanya ke tukang las tangki. Dan bisa saya pastikan dia akan kembali lagi ke tukang las tangki karena akan muncul kebocoran di titik lain lagi. Dan kalo udah kesel bakalan cepet-cepet ganti tangki, fyi aja nih, harga tangki baru ada di sekitaran IDR 400.000 – IDR 500.000. Lebih parah lagi buat bikers yang beraliran orsinil, bakalan susah cari dan nempelin stiker tangki yang orisinil.
DI kalangan blogger motor sebenernya sudah beredar kabar bahwa AHM akan membuat versi baru dari Honda Tiger di tahun 2014. Karena AHM sendiri mempunyai target untuk meng-injeksi-kan semua line up motornya paling lambat 2014. Yah semoga saja AHM gak cuman meng-injeksi-kan Tiger, tapi juga bisa memperbaiki kualitas produknya, syukur-syukur bisa revisi total dengan masang monoshock dan upside down untuk suspensinya,bore up mesinnya ke 250cc plus cakepin lagi desainnya, hehehe, ngimpi dikit boleh kaaan..
Oke, next post Insha Allah saya akan coba bahas tips dan trik memperbaiki tangki Tiger yang bocor, semoga bisa bermanfaat bagi semua
tautan link :
iwanbanaran.com
iwanbanaran.com
http://myoesuf.wordpress.com/
0 comments:
Post a Comment